Wednesday, August 27, 2008

OH, IT’S NOT DURIAN SEASON - Late night latte

Belakangan saya agak sering dimintai tolong teman-teman untuk nyariin orang.

Bukan!
Saya bukan detektif swasta. Teman-teman mau merekrut anggota team yang punya kompetensi pas. Mulai dari Graphic Designer, Art director, Writer, AE, Account Director… kenapa gak cari Owner sekalian yak… atau Manager Owner? :P
Trus kompetensi saya apa ya kok dimintai tolong nyari paket-paket ini?
Sempat terpikir, apa saya jadi head hunter swasta aja apa ya…? Side job jadi head hunter lucu kali ya… tapi ntar dipecat? Nggak ah, saya nggak punya proteksi hukum. Nggak kayak ‘The Predator’ yang bisa membunglonkan diri.
Ya saya senang-senang aja membantu teman-teman mencari ‘paket’ itu.
At least suatu ketika kalau saya butuh udah tau networknya.
Lagian kayaknya lagi musim pertukaran pemain nih. Turn over lagi tinggi.




Musim yang lain yang saya perhatikan adalah musim GM (bukan mie).
Perhatiin deh, di kantor si anu diangkat GM baru. Trus GM-GMan ini merembet kantor-kantor lain. Banyak kartu nama baru, posisi baru, mobil-mobil baru dan paket-paket unduhan baru.
Masalah kompetensi?
Karena saya batal jadi head hunter, ya mana saya tahu?
Kalau musim duren sih saya tahu mana yang bagus mana yang enggak. Mana montong, mana lokal, mana manis mana pahit, mana mahal mana murah. Lha kalau GM kan mahal murahnya bisa meniru ‘The Predator’ yang membunglon tadi. Maksudnya ambil paket mahal, pas diuji coba kompetensinya me-mimikri-kan diri. Gitu deh.
Sempet ketemu teman lama dan saya sempat tanya : “Kabarnya si Nganu gimana sebagai GM, bisa?” Pertanyaan saya sebenarnya tanpa tendensi apa-apa, eh lha kok dijawab : “Oh dia mah bisanya hihihi…” Lhoh gimana sih? Masak di kartu namanya ditulis “Nganu Hihihi”?

Musim yang lain lagi adalah menulis buku. Bukan lomba lhoh, musim.
Beberapa teman mendorong saya untuk nulis buku. Hah, buku apa? Nulis blog aja males kok.
“Nulislah buku advertising”
Oh noooo……!
Saya nggak kompeten.
o/o : “Trus kamu mau ngapain?”
x/x : “Nggg…apa ya…berkesenian mungkin” saya memberanikan diri.
o/o :”Melukis?”
x/x :”I wish!”

Lalu saya jelasin kalau saya menulis essay untuk buku foto teman saya dalam bahasa Inggris.
o/o :”Wueedan!! Keminggris!”
x/x :"Ya..paling enggak do something lah"

Saya menyadari sepenuhnya bahwa kemampuan berbahasa saya jauh dari sempurna, apalagi bahasa asing.
Lha tapi piye? Wong jadi GM aja pada berani kok, mosok nulis aja nggak berani.
Tetep saya nggak pede nulis coro Enggris.
Tapi jadi GM kan nggak harus ngerti manajemen.
Nulislah mas…ayo…ayo.

Walhasil, saya minta tolong teman untuk mengkoreksi grammar saya. Tapi
awas ya, jangan ngrubah ekspresi. Teman saya menyanggupi dan meyakinkan bahwa untuk ekspresi seni, bahasa tulis nggak harus benar grammarnya. Paulo Coelho itu apa ngikutin tata bahasa?
Saya agak tenang.

Jadilah proof print yang disain grafisnya dikerjakan dengan penuh gusto. Senang bukan main, tapi sewaktu saya baca ulang, kok kayaknya banyak yang salah deh grammarnya.
o/o : “Ini sudah diedit oleh dua orang Mas, tenang aja”
Saya agak tenang.
Tapi bagi saya, bahasa Inggris adalah kira-kira. Enake ngene, raenake ngono, gitu lho!

Jadi, sekarang saya lagi nunggu buku itu naik cetak. Perlu lah naik cetak sebelum naik jadi GM (hus!) atau naik-naikan lain.

Jadi, sekarang saya ikut musim.
Ada yang mau duren?

9 comments:

glenn_marsalim said...

GM: Glenn Marsalim

Farika said...

buku fotonya dah ada di toko blom sih?
pengen liat (ngga beli) :p

Ditta.Dee said...

aku nunggu film mu aja deh mas :)
panjang pendek gak masalah, yang penting lebaaar :p

mister::G said...

iya iya semua benar. benar semua. :P Thanks

Farika said...

ga nyambung ma pertanyaan akuuuuuu :p

mister::G said...

hihihiiii...ntar tak kasih aja. hard cover

Anonymous said...

GM harus punya kemampuan me-manage orang secara general..
Juga harus punya kemampuan menjual..
Dan biasanya dipanggil : MAMI ..ups..

(www.mlipir.co.id)

Anonymous said...

ngomong2 duren,
enak mana, duren montong, lokal ato belah duren... ^^

Chriz

Anonymous said...

ayo mas, tulisanmu dikumpulne ya. abis itu diterbitin. udah deh urip seko royalti...tp nek ora dibajak huehehehe