Tuesday, June 24, 2008

Service Oriented vs Survival Oriented - Cappuccino Plus Plus

Lebih seneng mana? Bayar tukang parkir jalanan 2 ribu tanpa balasan terimakasih, atau lagi jalan di mal trus dikejer-kejer SPG kartu kredit?

Atau gini deh, berapa kali dalam seminggu kita melihat penjaga gerbang tol tersenyum? Hayooo…..
Yang jelas beberapa kali saya baca di ‘Redaksi Yth’ para corporate pi-ar berusaha menjelaskan ke publik dengan menanggapi keluhan konsumen mereka yang diposting di ‘Redaksi Yth’ edisi sebelumnya.
Intinya isinya : “We are apologizing for this/that/those inconvenience”

Di pompa bensin Pertamina (yang baru diberlakukan setelah dapet saingan…ealaaah) sekarang ada tulisan hotline pengaduan gede-gede dan jelas-jelas di badan pompa bensinnya
Konsumen berhak mendapatkan 3 S : Senyum. Sapa dan Service (lhoh bahasanya kok campur-campur?). Lupa saya S yang ketiga. Sarapan? :P
Sementara di Shell dan Petronas lebih riil dengan memandikan kaca depan.

Service Oriented.
Atau kata Tizar : Serpis orienteit.

Bulan lalu saya ke bengkel Mitsubishi karena mendapatkan tetesan oli di lantai garasi. Padahal seminggu sebelumnya saya habis tune-up di bengkel itu. Saya jelskan ke kepala mekanik bahwa mungkin ada packing yang bocor. Tolong dicek semua yah…yah…yah…?
Setelah satu setengah jam mobil saya selesai dan si Mas Kepala Mekanik (pakai huruf kapital karena nama jabatan) bilang :
o/o : “Sudah selesai pak, dibawa aja”
x/x : “Lhoh? Gak bayar?” (tumben)
o/o : “Iya pak, mohon maaf. Minggu lalu waktu bongkar packing, montirnya salah pasang gasket baru, jadi melintir dan pecah sehingga olinya nyemprot keluar”

Baiklah saya maafkan selama diganti baru lagi.
Senengnya kalau semua bisnis layanan mengutamakan kepuasan konsumen.
Itu juga yang mungkin dilakukan di bak truk yang melaju di tol Kebon Jeruk beberapa waktu lalu. Iya kali ya?
Disana ada tulisan :
“Bila sopir ugal-ugalan, telpon simbok di kampung”

Superb!

5 comments:

Farika said...

"Disana ada tulisan :
“Bila sopir ugal-ugalan, telpon simbok di kampung”

ahahahhahahahahahahahahahahahahah!!!

BH said...

Gue pernah naik ojek dari Sudirman ke Bendungan Hilir. Sampe di rumah nyokap, gue bayar pake uang pas sambil mengucapkan 'Terimakasih.'

Apa jawab si tukag ojek? Sambil tersenyum ramah di bilang gini "Halah, pake terimakasih segala. Situ pan bayar." Hehehehehe

mister::G said...

Untung gak dibilang : Halah, pakai naik ojek segala...

godot said...

terbiasa memberikan senyum kagem semuanya, soale aku seneng liat orang tersenyum disaat orang lain tidak memberikan muka ramah :)
senyum kuwi adalah ibadah hehe

AnakAyamHilang said...

Lebih seneng mana? Bayar tukang parkir jalanan 2 ribu tanpa balasan terimakasih, atau lagi jalan di mal trus dikejer-kejer SPG kartu kredit?


Rasanya lebih seneng lagi jalan di mal. trus dikejer2 cowo ganteng+sugih yang ngajak kenalan...
hehehehe....


Salam kenal... ^____^