Friday, February 22, 2008

“Brand personality. What personality? Say again?” - Latte or decaf?

Ini kenapa sih ya dari tadi sepanjang jalan tol disalip, dipepet, nyaris disrempet... awas kalau dibaret (rhyming...:P)
Lagian masih jam 8.00 pagi ngapain pada pecicilan, toh nanti end-up nya di gerbang tol (psst...di sanalah saya biasanya memotong para penyalip itu - strategi Schumacher di lap terakhir).

Beberapa bulan ini saya perhatikan tipe-tipe mobil yang suka bener menyalip, memepet dan nyaris menyerempet.Dan pelakunya kok ya tipe itu-itu juga, heran!

Biasanya saya nggak pernah rela disalip mobil yang powernya lebih kecil. Siapa elu, kan? Pokoknya asal di kaca spion terlihat mobil yang nggak mungkin menang dipacu ngelawan mobil andalan saya yang segitu-gitunya ini, gak bakal saya kasih jalan. Mau klakson, mau kasih sign, lampu kedip, atau nyemprot air bila perlu...no way. (“No way” artinya gak ada jalan kan?)
Atau kalau enggak saya giring ke kiri biar dia nyelip dari arah kiri trus kepentok mobil di jalur kiri, dan saya tetap berjaya leading the way.
Jahat sih.... but that’s the trick.

Oli saya aja Mobil-1 bukan Top-One yang iklannya kayak 'aduuuh' itu (ini kok banyak kata repetitifnya seh...)

Lain halnya kalau yang terlihat dari belakang adalah mobil2 Eropah, dengan hormat saya musti tau diri (selain pengin punya yang begituan juga sih. Huh, itu toh cuma produk. Kata bapak saya dulu “Iku mung perkoro kadonyan” - masalah duniawi. Nggih paaak...tetep aja saya pengin VW Toureq).
Nggak mugkin lah saya berpacu dengan mereka yang powernya berpuluh-puluh kuda.

Tapi ini lho....
Mobil cilik-cilik kemlinthi mlintar-mlintir sok aksi.

Berikut adalah ranking merek mobil (dari observasi beberapa bulan itu), yang bertingkah laku “keliru” di jalan tol:

1. Yang pertama, produk hasil kolaborasi Toyota dan Daihatsu. Ini bener-bener sok trengginas (saudaranya ‘trenggiling’) seolah-olah alergi kalau ada mobil di depannya. Posisi ini dulu diduduki oleh mobil keluarga keluaran Sunter.
2. Yang kedua mobil generik keluaran Honda, mereknya seperti nama jenis musik (mau ngomong Jazz aja mbulet). Entah kenapa ini kok ya sok gesit, wong cc-nya aja gak cukup buat bayar uang kuliah (konon banyak pengendaranya mahasiswa) kok pencilakan (maaf nggak ada padan katanya di i-Dictionary).
3. Yang ketiga, itu tadi mobil keluarga keluaran Sunter. Posisinya turun menjadi peringkat ke tiga setelah keluar model yang lebih alusan dan inovatif (bilang aja Innova !)

Top dah pokoknya.
Tapi belakangan kalau dipikir lagi, ngapain juga merespons mereka ya?
Saya malah lantas tertantang untuk mencoba mempelajari kira-kira seperti apa saja sih para pengemudinya?

Mobil yang pertama.
Okelah, mungkin itu mobil pertama (the first car) yang mereka miliki. Tanpa bermaksud negatif atau tidak sopan (sumpih, enggak!) saya bisa kok memahami excitement nyetir mobil pertama hasil jerih-payah dan kerja keras. Nyelip kanan kiri, di geber bahkan kalau bisa diputer kayak bianglala di Dufan, muter deh situ. It’s fun, it’s good for you. Go ahead.
Mobil ini punya personality : gesit hiperaktif (agak rhyming juga sih).

Mobil yang kedua.
Sedan gitu loh. Belinya indent pula, susah kan dapetinnya? It’s my own car, young generation. Energi meluap. Menyandang personality yang muda, yang dinamis (kayak slogan rokok jaman dulu). Dibeli dengan my own income, bangga dong! Dan kok ya irit dan enteng pula. Jadi kapan lagi digebernya? (Mas-mas, nitip pesen nggih...niku gampang ngglimpang lho mas...ati-ati mawon nggih).

Mobil yang ketiga.
Pengakuan yang sahih bahwa inilah mobil keluarga indonesia. Horeeee..... Jadi ya ngak bisa dong kalau ada anggota keluarga yang terlambat diantar atau dijemput... Ya harus ngebut dong ah. Kalau jebol toh murah spare part-nya. Monggooo...sak karepmu.
Impresi personality yang saya tangkap : bertanggung jawab.
Cieeee...... plok-plok-plok.


Agak terhibur juga saya bisa mereka-reka sebuah pemahaman tentang personality dan tingkah-meningkah, laku-melaku mobil-mobil itu.
Kayak kerja di advertising rasanya :P.
Tapi kenapa postingan ini gambarnya gak matching?
Art direction problem!
'Gak tak naikin gajinya lo...

7 comments:

Anonymous said...

Wuakakaka, welkam bek mister...tur biasane yen disalip kae komentare : dasar anak muda! < QZR kantor cabang Kemang Utara >

Anonymous said...

seneng baca postinganna.. :)

Stevie Sulaiman said...

Cut, cut! Siapa elu, siapa elu...



"SIAPA SIH LOOO?"



Vous avez compris? Yak, take 2, daaan... action! :p

Anonymous said...

Satu hari di tengah kepadatan dan kemerayapan daerah kebon jeruk, gua lagi asik nyantai, dengerin musik sambil, ehm, ngerokok (iya, blognya no smoking, tapi jagungnya juga smoking). Terus mobil di belakang gua tuh yang ngelakson kaya udah mau kiamat aja. Dam dim dam dim lampu, emangnya gua bisa kemana gitu...

Lha bener tho, begitu gua geser sedikit ke kanan, bak Montoya dia nyalip dari kiri...

Dan berhenti 10 cm dari sebuah metro mini kosong yang lagi ngetem.

Emang enak gua kerjain?

Rasain luh.

Unknown said...

Gayamu Mas!

Dulu aku nyetirin HIU-mu ke Bandung tak gas pol aja, komentarmu...

"Sek..Sek...soyo suwe kok aku soyo wedi yo..."

=))

mister::G said...

hueheheheheheee.... makasih-makasih komennya semua

aryosaloko said...

sing sareh nggih mas, ke-susu durung mesti kepenak:)